Sangkin asyiknya menggunakan telepon genggam, banyak orang kerap melupakan etika berponsel. Apa sajakah itu?
Saat ini, keberadaan ponsel dan individu sudah seperti dua sejoli. Tak heran, saking lekatnya dengan gadget tersebut, para pengguna pun kerap melupakan etika yang seharusnya mereka taati saat berada di muka umum.
Nah, untuk menjadi pengguna ponsel yang bijak, berikut ini etika yang perlu Anda penuhi
Saat ini, keberadaan ponsel dan individu sudah seperti dua sejoli. Tak heran, saking lekatnya dengan gadget tersebut, para pengguna pun kerap melupakan etika yang seharusnya mereka taati saat berada di muka umum.
Nah, untuk menjadi pengguna ponsel yang bijak, berikut ini etika yang perlu Anda penuhi
1. Perhatikan Nada Dering
Perhatikan nada dering yang Anda gunakan. Jangan memasang volume nada terlalu keras, sehingga membuat banyak mata menoleh ketika nadanya melengking di muka umum.
2. Panggilan Keadaan Getar
Jika ragu menggunakan nada dering, gantilah sistem panggilan dalam keadaan “getar”. Ini jauh lebih aman ketimbang memasang nada dering yang memekakkan telinga.
3. Percakapan
Pastikan bahwa percakapan telepon yang Anda jalani tidak mengganggu orang lain.
4. Bahasa
Jangan menggunakan bahasa kasar ketika berbicara di telepon, meskipun bahasan yang Anda bicarakan dengan lawan bicara Anda sangat menarik.
5. Silent Mode
Jangan menggunakan “silent mode” saat berada di kereta api karena tidak akan membuat telepon masuk terdengar.
6. Jangan Berteriak
Jangan pernah berteriak ketika Anda menerima panggilan telepon. Jika suara yang Anda terima kurang terdengar jelas, katakan saja padanya bahwa Anda akan menghubunginya kembali beberapa menit kemudian setelah Anda berada pada posisi aman.
7. Matikan Ponsel
Matikan telepon saat Anda sedang berada di acara penting. Jika keadaan mendesak, maka katakan sejak awal bahwa Anda harus menerima telepon penting dan mintalah maaf padanya di awal atas kondisi tersebut.
8. Posisi Menggunakan Ponsel
Ketika panggilan telepon masuk saat Anda menjalani makan bersama, sebaiknya ambil posisi menjauh agar tidak mengganggu mereka.
9. Tidak Menarik Perhatian
Jangan melakukan panggilan saat bertransaksi bisnis, misalnya di bank, toko, atau sedang berada di bus, sehingga tidak menarik perhatian orang sekeliling Anda.
10. Tempat
Jangan membuat panggilan ke orang-orang di tempat yang tidak tepat. Misalnya, menerima atau melakukan panggilan di toilet tentu sangat tidak menyenangkan bukan? Jadi sebaiknya hindari kebiasaan ini.
No comments:
Post a Comment